Abstract:
Melibatkan media dalam proses pembelajaran dilakukan sebagai salah satu upaya
untuk mengefesienkan proses interaksi antara guru dan siswa. Media
pembelajaran sangat membantu dalam peran kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video dengan
menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe pada materi bangun ruang sisi
lengkung dengan metode edutainment dan juga untuk mengetahui kualitas dari
media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah
pengembangan dengan model desain penelitian nya menggunakan ADDIE yaitu
analysis (analisi), design (perancangan), development (pengembangan),
implementation (implementasi/eksekusi), dan evaluation (evaluasi/umpan balik).
Dikarenakan adanya keterbatasan waktu maka penelitian ini hanya sampai
development (pengembangan). Di dalam proses pembelajaran, penggunaan media
akan menjadi lebih efektif lagi apabila dibantu dengan menggunakan metode
pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang diprediksi dapat menarik
perhatian siswa adalah metode edutainment. metode edutainment merupakan
suatu cara untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan yang
menjadikan anak dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran tanpa
merasa bahwa mereka tengah belajar. Hasil dari penelitian ini berupa
pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi software Sparkol
Videoscribe. Sparkol videoscribe adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan
untuk membuat sebuah video animasi dengan tulis tangan. Media pembelajaran
yang dikembangkan oleh peneliti memenuhi kriteria layak dari segi ahli media
dan ahli materi yang menilai media pembelajaran yang telah dikembangkan. nilai
dari ahli media dengan nilai adalah 4,05 dan dua orang ahli materi adalah 4,3 dan
4,4 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan siswa
sebesar 83% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” yang berada pada kisaran
80% - 100%.