DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Melati, Ema
dc.date.accessioned 2020-03-11T00:58:16Z
dc.date.available 2020-03-11T00:58:16Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2392
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 81 orang siswa, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas yang menjadi sampel yang diteliti adalah kelas VIIIII sebanyak 25 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Yang mana angket ini melakukan pengamatan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan serta angket Model Pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pengaruh model pembelajaran Word Square dengan penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa model pembelajaran Word Square sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Ini terbukti dengan dengan nilai koefisien korelasi 𝑟β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,854. Dari table r Product Moment untuk N= 25 diperoleh 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0,3961. Jadi, karena 𝑟𝑥𝑦 (0,854) >𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,3961) maka korelasi Sangat Kuat. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 5,614 sebesar taraf signifikan Ξ± =0,05 dan dk = n – 2 = 25 – 2 = 23, maka peroleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =1,713. Diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 5,614 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,713. ini berarti Ha diterima artinya ada nya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Word Square en_US
dc.subject Minat Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account