DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Meningkatnya Rasa Nasionalisme Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhayati
dc.date.accessioned 2020-03-11T00:55:58Z
dc.date.available 2020-03-11T00:55:58Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2391
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode konvensional yakni ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Walaupun ada kalanya menggunakan diskusi. Hal ini siswa mengakibatkan siswa hanya menerima pelajaran , cenderung pasif kurang memiliki keberanin dalam menyampaikan pendapat, tidak bertanya jika materi yang kurang jelas, kurang memiliki kemampuan merumskan gagasan sendiri dan siswa belum terbiasa bersaing dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh medol pembelajaran berbasis masalah terhadap rasa nasionalisme siswa pada materi sikap positif terhadap pancasila berbangsa dan bernegara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 94 orang, terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan randem sampel yaitu siswa diambil secara ajak diteliti dari kelas VIII. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik kuantitatif yaitu dengan menggunakan korelasi produk moment. Berdasarkanhasil perhitungan hipotesis diatas diperoleh = 0,7 sebesar tarif signifikan = 0,05 dan dk = N – 2 = 19 – 2 = 17, maka diperoleh = 0,689. Keseimpulannya jika dibandingkan dengan diperoleh ini berarti Ha diterima artinya adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap rasa nasionalisme siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Rasa Nasionalisme en_US
dc.subject Berbasis Masalah en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Meningkatnya Rasa Nasionalisme Siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account