Abstract:
umusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengembangan
media pembelajaran 4-D berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK
Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret ?. (2) Apakah
pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi
Barisan dan Deret ?. Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan media
pembelajaran berbasis mobile learning sebagai sumber belajar matematika siswa
kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret. (2)
Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis mobile learning terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada
materi Barisan dan Deret. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile
learning pada materi barisan dan deret kelas XI SMK telah dilaksanakan dan
dinyatakan valid oleh 2 validator dan 1 guru bidang studi, nilai yang diberikan ke3
penilai
yaitu
3,6.
Penilaian
peningkatan
kemampuan
koognitif
siswa
menggunakan
pretest
dan
posttest
diperoleh
4
siswa
yang
mengalami
peningkatan
hasil
belajar
Sedang
(baik)
dengan
persentase
26,6%,
dan
11
siswa
mengalami
peningkatan
hasil
belajar
yang
tinggi
dengan
persentase
73,3
%
%
dengan
total
15
siswa.
Dan
juga
diperoleh
nilai
pretest
terendah
yaitu
25
dan
nilai
tertinggi
43
serta
nilai
posttest
terendah
61
dan
nilai
tertinggi
dalam
posstest adalah 93,
dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75.
Sehingga setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran 14 siswa
mengalami ketuntasan hasil belajar dengan persentase 93 % dan 1 siswa tidak
tuntas dengan persentase 7 %.