Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah
(pr) sehari-hari terhadap disiplin belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas
VII SMP PAB 3 Saentis tahun pembelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 203 siswa.
Dari populasi ini ditetapkan 34 siswa sebagai sampel secara purposive sampling
yakni yang termasuk dalam kategori siswa yang malas mengerjakan pekerjaan
rumah (pr).
Metode penelitian ini adalah metode deskriftif teknik korelatif. Alat pengumpul
data yang digunakan adalah angket pemberian pekerjaan rumah (pr) sehari-hari
sebanyak 8 item dan disiplin belajar PKn siswa sebanyak 8 item. Untuk
mengetahui kedua variabel maka dilakukan perhitungan menggunakan rumus
korelasi “r” Product Moment sederhana. Untuk mengetahui besarnya pengaruh
variabel X terhadap variabel Y dihitung berdasarkan uji t.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t
di peroleh harga thitung>ttabel yaitu 5,392>1,69389 serta rhitung>rtabel yaitu
0,690>0,349 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah (pr) seharihari
terhadap disiplin belajar PKn siswa kelas VII SMP PAB 3 Saentis Tahun
Pembelajaran 2016/2017.