Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepeminpinan
transformasional, optimis akademik dan motivasi kerja guru berpengaruh terhadap
efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk
Pakam Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data pada penelitian
menggunakan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis
regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
kepeminpinan transformasional secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas
sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam
Kabupaten Deli Serdang. Optimis akademik secara parsial berpengaruh terhadap
efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk
Pakam Kabupaten Deli Serdang. Motivasi kerja guru secara parsial berpengaruh
terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan
Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Kepeminpinan transformasional, optimis
akademik dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh terhadap
efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk
Pakam Kabupaten Deli Serdang.