Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Budaya Karo yang valid, praktis, dan efektif
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII
SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar
(lkpd) yang memuat materi bangun datar. Model penelitian pengembangan yang
digunakan yaitu 4D (four D Model) yang meliputi pendefenisian (define),
perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebarluasan
(disseminate). Pada penelitian pengembangan ini peneliti membatasi sampai
tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan terdiri dari
lembar uji validasitas, praktisitas serta soal pre-test dan post-test pemecahan
masalah. Data hasil validitas, praktisitas, dan efektifitas yang diperoleh dianalisis
dengan teknik statistika deskriptif. Berdasarkan hasil dari hasil uji validitas,
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Budaya Karo untuk meningkatkan
pemecahan masalah matematis siswa diperoleh nilai dari ahli media sebesar 3,35
dengan kriteria sangat valid, penilaian oleh ahli materi sebesar 3,93 dengan
kriteria sangat valid, dan penilaian oleh guru matematika diperoleh sebesar 3,88
masuk katagori sangat valid. Hasil rata-rata dari ketiga para ahli sebesar 3,72
degan katagori sangat valid. Sedangkan hasil praktisitas untk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah masuk katagori sangat praktis dengan skor 3,39
serta keefektifan LKPD ditinjau dari nilai pre-test dan post-test hasil belajar siswa
diperoleh nilai gain 0,79 katagori sedang dengan persentase peningkatan 79%
yang berarti memenuhi kriteria keefektian.