dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
program tahsin tilawah Al Qur‟an dengan menggunakan metode Fun tahsin di
masjid Taqwa Muhammadiyah Medan.Penelitian ini dilatar belakangi oleh
kondisi yang terjadi dimasyarakat dari kalangan anak-anak, remaja dan juga
para orang tua yang mampu membaca Al Qur‟an namun masih jauh dari kata
benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid sebagaimana yang
dicontohkan Rosulullah SAW. Dengan adanya program tahsin tilawah Al Qur‟an
di masjid Taqwa Muhammadiyah Pulo Brayan harapan nya bisa mengurangi
permasalahan yang ada diamsayarakat tentang bagaimana membaca Al Qur‟an
yang baik dan benar.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif,
dengan jenis penelitian study kasus dan pendekatan penelitian lapangan (Field
Research).Teknik keabsahan data menggunakan metode trigulasi. Berdasarkan
hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa implementasi program
tahsin tilawah Al Qur‟an dengan menggunakan metode Fun Tahsin meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan meliputi persiapan materi
dan mempersiapkan irama/lagu materi yang akan diajarkan. Pelaksanaan
program dibagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan
akhir. Evaluasi pembelajar Tahsin Tilawah Al Qur‟an dilakukan dengan cara
evaluasi langsung yaitu ketika peserta praktek membaca Al Qur‟an ada yang
salah maka langsung dievaluasi dengan ditegur dan dijelaskan berdasarkan
rumusan-rumusan Fun Tahsin |
en_US |