DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOMANDI (KOMIK AKUNTANSI DIGITAL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL KHUSUS KELAS XI AKL SMKN 6 MEDAN T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ULFA, FADHILAH
dc.date.accessioned 2023-11-29T07:27:15Z
dc.date.available 2023-11-29T07:27:15Z
dc.date.issued 2023-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23416
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Kelas XI Akl SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini dilakasanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas XI Akl (Akuntansi keuangan lembaga), yang terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas XI Akl-1,XI Akl-2 dan XI Akl-3 yang berjumlah 106 orang siswa. Adapun metode penelitian yang diguanakan adalah eksperimen kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Non Probability Sampling yang digunakan adalah kelas XI Akuntansi 2 berjumlah 35 orang siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. tes yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk essay test yang berjumlah 20 soal yang sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian soal dibagi menjadi dua bagian dengan rincian 10 soal pada pretest dan 10 soal pada soal posttest. Berdasarkan hasil uji analisis data, diperoleh uji normalitas pretes dengan signifikan 0,271 > 0,05 dan Postes dengan signifikasi sebesar 0,064 > 0,05 maka dikatakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 24,151 + 0,565, kemudian signifikansi sebesar 0,047<0,05, persamaan ini menggambarkan bahwa variabel model pembelajaran tipe make a match berbantu media pembelajaran komik akuntansi digital(X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Hasil Belajar(Y). selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan secara parsial (uji t), diperoleh thitung senilai 23,117 lebih besar dari ttabel senilai 2,035, dengan demikian thitung >ttabel (23,117 > 2,032) dan nilai signifikansi thitung > ttabel (0,000<0,05), Maka hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Kelas XI Akl SMK Negeri 6 Medan T.A 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantu Media Pembelajaran Komandi (Komik Akuntansi Digital) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOMANDI (KOMIK AKUNTANSI DIGITAL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL KHUSUS KELAS XI AKL SMKN 6 MEDAN T.A 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account