dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Berbasis Bangunan Heritage Sumatera Utara yang
difokuskan untuk tingkat SMP terutama kelas VIII yang berlokasi SMP Swasta
YWKA Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dari pengembangan
desain pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini meliputi
dari langkah-langkah Analysis (analisis), Design (desain), Development
(pengembangan) mulai pada hasil Pengembangan LKPD, Materi Bangun Ruang.
Penelitian ini berupaya mewujudkan motivasi belajar dan kemampuan matematis
peserta didik dengan pengembangan LKPD berbasis Bangunan Heritage Sumatera
Utara dalam pemahaman konsep materi bangun ruang. Kelayakan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) melalui instrumen subjek penelitian yaitu hasil validasi ahli
media, ahli materi dan objek penelitian yaitu peserta didik yang diambil dengan
metode uji kualitatif, kuantitatif dan terknik analisis kelayakan. Peneliti membatasi
uji coba angket penilaian dalam skala kecil dengan jumlah 10 peserta didik. Hasil
analisis data dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92% ahli media
menyatakan sangat layak, 92% ahli materi menyatakan sangat layak, 90% peserta
didik menyatakan respon positif yaitu tertarik artinya pengembangan LKPD
berbasis bangunan heritage Sumatera Utara ini sangat layak menjadi media
pembelajaran. |
en_US |