DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI MTs NURUL HUSNA MARJANJI ACEH

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Vina Ifanka
dc.date.accessioned 2023-11-29T03:07:59Z
dc.date.available 2023-11-29T03:07:59Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23379
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan media yang menyebabkan siswa terlihat malas dan jenuh dalam proses menghafal Al Qur’an, sehingga berpengaruh pada kualitas hafalan serta minat siswa dalam menghafal Al Qur’an dan kurangnya motivasi dalam menghafal Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media puzzle terhadap kualitas hafalan siswa di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i MTs Nurul Husna Marjanji Aceh yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan kelas IX, dengan jumlah total 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian sejumlah 54 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam proses hafalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis menggunakan T-test yang diperoleh nilai posttest thitung sebesar 3,160 ttbel 2,000 dengan signifikansi 0,003 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kualitas hafalan Al Qur’an siswa di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh. en_US
dc.subject Media Puzzle, Kualitas Hafalan Al Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI MTs NURUL HUSNA MARJANJI ACEH en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account