dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan penalaran
matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan
siswa yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran SAVI atau konvesional di
kelas VIII SMPN 8 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian eksperimen Metode pengambilan ilustrasi memakai purposive
dengan memilah kelas kontrol serta kelas eksperimen dengan melaksanakan
sebagian pertimbangan. Tata cara pengumpulan informasi menggunakan tata cara
uji serta observasi. Instrumen penelitian ini memakai uji tertulis yang diberikan
dalam wujud pretest serta posttest yang diberikan pada kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Metode analisis informasi memakai analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial ialah uji independent ilustrasi t- test.
Hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata nilai post – test adalah
70,82,sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata – rata 83,47. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis ( Uji T) nilai signifikansi variabel inventory intensity ialah
sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0, 05, maka 𝐻0 ditolak, berarti terdapat
perbandingan rata- rata tingkatan keahlian penalaran matematis partisipan didik
yang diajar dengan model pembelajaran SAVI dengan kemampuan penalaran
matematis partisipan didik tanpa diajar dengan model pembelajaran SAVI pada
kelas VIII SMP N 8 Tebing Tinggi. |
en_US |