Abstract:
Setiap muslim percaya bahwa Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam.
Sangat penting menanamkan cinta Al-Qur’an dihati seorang anak sedini mungkin. Oleh
karena itu, perlu upaya maksimal dari orang tua di lingkungan keluarga dalam mendidik
anak cinta Al-Qur’an di era modern ini. Orang tua sebagai orang terdekat mempengaruhi
cara anak berkembang, orang tua yang memiliki pola asuh yang baik dapat mengerti
kebutuhan anak, sehingga bisa lebih memperhatikan ketercapaian prestasi belajar anak
ataupun peningkatan dalam menghafal Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap
minat menghafal Al-Qur’an, mengetahui banyaknya kontribusi pola asuh orng tua terhadap
minat menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Al Washliyah 20.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis
berupa regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diketahui bahwa nilai F
hitung = 26,835 dengan demikian terdapat pengaruh variabel pola asuh orang tua terhadap
minat menghafal Al-Qur’an siswa yang dibuktikan dengan nilai Fhitung (26,835) > Ftabel
(4,01). Sedangkan kontribusi pola asuh orang tua terhadap minat menghafal Al-Qur’an
siswa sebesar 31,6%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.