Abstract:
Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu kemampuan
sebagian siswadalam membaca Al-Qur’an masih rendah dibuktikan dengan nilai
yang masih dibawah KKM,juga ditandai dengan siswa-siswanya ada yang masih
belum bisa membaca Al-Qur’an denganbaik, tidak bisa membedakan huruf-huruf
hijaiyah sehingga pelafalannya dan pengucapannya pun masih salah, siswa
kurang memahami tajwid, waqaf, maupun makharijul hurufnya.Penyebab dari
fenomena diatas yaitu guru masih belum memberikan metode yang tepat. Banyak
sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, salahsatunya adalah
metode Yanbu’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan
penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an siswa, (2) kemampuanmembaca dan menulis Al-Qur’an siswa setelah
mendapat pembelajaran menggunakan metode Yanbu’a, dan (3) pengaruh
penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan
membaca dan menulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satunya
metode yangtepat, termasuk metode Yanbu’a. Atas dasar itu peneliti memilih
metode Yanbu’a untuk memudahkan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an
sehingga terhindar dari kesalahan- kesalahan dasar atau pokok yang dianggap
fatal. Berdasarkan analisis yang dilakukan tingkat keberhasilan kelas ekperimen
lebih mendominan meningkat dibandingkan kelas kontrol hasil tersebut dapat
dilihat melalui nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,53 di
bandingkan pada kelas kontrol yaitu 70.19. Dengan demikian penelitian ini
menunjukkan melalui hasil hipotesis bahwasanya metode yanbua terhadap
peningkatan kemampuan membaca dan menulis kelas ekperimen bersignifikan
000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat
pengaruh yang signifikan). Adapun membaca dan menulis Al-Qur’an semangkin
meningkat dibanding sebelum menggunakan metode yanbu’a.