Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode amtsal
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas
XI jurusan TKJ di SMK Swasta YWKA Medan. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-TKJ I
dan siswa kelas XI-TKJ II yang digunakan sebanyak 39 sampel. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan
dokumentasi. Hasil uji T secara parsial menunjukkan bahwa Metode Amtsal
terhadap variabel Hasil Belajar adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 35,414 >
0,361 artinya Metode Amtsal berpengaruh signifikan terhadap variabel Hasil
Belajar. Serta hasil dari uji F (Uji Simultan) menunjukkan bahwa Ha diterima da
Ho sitolak, yang artinya metode amtsal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.