dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran
matematika berbasis aplikasi Scratch di Tingkat SMP khususnya kelas VII.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan suatu media pembelajaran
berbasis aplikasi Scratch, serta melihat respon para peserta didik terhadap
ketertarikan pada media yang sudah didesain. Penelitian ini menggunakan model
MDLC (Metode Development Life Cycle) versi Luther melalui 6 tahap yaitu
Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan bahan materi (Material
Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), Distribusi (Distribution).
Teknik pengambilan data yang digunakan dengan membagikan lembar angket.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Scratch dengan
materi perbandingan yang di dalam media tersebut terdapat audio, teks, dan
gambar. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh 2 orang dosen
matematika dan guru kelas VII memperoleh nilai sebesar 95 % oleh ahli media
menyatakan sangat valid, 95% oleh ahli materi menyatakan sangat valid, dan 95%
hasil respon peserta didik menyatakan sangat baik. Dengan demikian media yang
sudah didesain oleh peneliti berbasis aplikasi Scratch ini layak digunakan dalam
proses pembelajaran matematika. |
en_US |