Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu
(terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang
kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan
masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa
dengan teknik brain gym. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA IMELDA
MEDAN Tahun Ajaran 2017/2018, yang beralamat di Jalan Bilal Ujung No. 24.
Metode penelitian ini adalah deduktif kualitatif dengan Subjek dan Objek
penelitian adalah: siswa kelas VII untuk dapat meningkatkan konsentrasi belajar
siswa dengan teknik brain gym. Proses pengambilan data dilakukan selama tiga
minggu yakni pada bulan januari-Februari 2018, dengan teknik pengumpulan
data, wawancara, obeservasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan:
meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan
bimbingan kelompok yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan
meningkat, dilihat dari hasil laiseg dan hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa
dikelas, yang tadinya kurang konsentrasi belajar menjadi lebih konsentrasi dalam
belajar dikelas, perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan
kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan
konselor. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan.
Meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan
bimbingan kelompok siswa kelas VII-E di SMP Swasta Imelda Medan Tahun
Ajaran 2017/2018 berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil instrumen yang
terus mengalami perkembangan di setiap siklusnya, yakni setelah diberikan
layanan bimbingan kelompok pada siklus I mengalami perkembangan sebesar
50% akan tetapi belum mencapai kategori baik maka penelitian dilanjutkan pada
siklus II, pada tahap ini hasil yang dicapai sudah masuk kategori baik yaitu 80%.
Berdasarkan hasil tersebut maka teknik brain gym dan penggunaan layanan
bimbingan kelompok dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan konsentrasi
belajar siswa.