Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
ada pengaruh teman sebaya dengan kecerdasan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pergaulan teman sebaya
dan untuk mengetahui pengaruh terhadap kecerdasan sosial. Pendekatan
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu
mengetahui hubungan variabel bebas (Teman Sebaya) dan variabel terikat
(Kecerdasaan Sosial). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu penyebaran angket tertutup.
Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 30
pernyataan yang terdiri dari 15 item angket teman sebaya dan 15 item angket
kecerdasan sosial. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B
SMP Negeri 3 Medan yang berjumlah 36 siswa.
Hasil analisis korelasi termasuk dalam kategori interpretasi rendah,
mengemukakan ada hubungan positif antara teman sebaya dengan kecerdasan
sosial, rhitung 0,335 rtabel 0,329 dan hal ini dapat dipahami bahwa rhitung>rtabel atau
0,335>0,329, berarti ada hubungan antara variabel X dan Variabel Y. Sedangkan
nilai uji thitung sebesar 2,073 dan ttabel 2,032 hal ini menunjukkan adanya hubungan
signifikan antara teman sebaya dengan kecerdasan sosial karena thitung>ttabel atau
2,073>2,032.
Ternyata (thitung>ttabel) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga ada
pengaruh teman sebaya terhadap kecerdasan sosial pada siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.