Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk handout berbasis
etnomatematika sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa untuk kelas IX
SMP IT Prima Mandiri Medan dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan dari handout berbasis etnomatematika.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D)
dengam menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu : analysis, design,
development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP IT
Prima Mandiri Medan. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk
mengetahui kevalidan handout yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik
dan lembar soal. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan handout
sedangkan lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan
handout dan lembar soal peserta didik digunakan untuk mengetahui keefektifan
dari handout berbasis etnomatematika.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan handout sebesar 86,92% dengan
kategori sangat valid dan kepraktisan handout sebesar 85% dengan kategori
sangat praktis. Kemudian hasil belajar siswa mengalami perubahan dari hasil uji
pretest dan posttest yaitu 16 orang memperoleh hasil kriteria sedang (g < 0,7) dan
3 orang siswa memperoleh hasil kriteria tinggi (g > 0,7) artinya handout efektif
untuk digunakan. Sehingga handout berbasis etnomatematika yang dikembangkan
dalam penelitian ini dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.