Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Bahan Ajar
dengan Pendekatan Kontekstual siswa kelas XII MIA SMA Muhammadiyah 1
Medan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model
Thiagarajan, Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi.
Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design,
develop, disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIA
SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini
adalah RPP dan Bahan Ajar berupa Buku Siswa. Instrumen penilaian yang
digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian Bahan Ajar.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa : a) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total 4,4 dengan kriteria
“Sangat Baik”, hasil validasi Bahan Ajar diperoleh skor rata-rata total 4,5 dengan
kriteria “Sangat Baik”, b) hasil analisis data tes hasil belajar siswa diperoleh
presentase ketuntasan klasikal sebesar 80%.