Abstract:
Permasalahan terkait kurangnya kedisiplinan yang sering terjadi disekolah. Siswa
seringkali mengalami permasalahan dalam disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui layanan bimbingan kelompok melalui teknik self management dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa Pertiwi Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi serta dilakukan dengan rencana
menggunakan dua siklus dalam setiap satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan
melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII, VIII
dan IX yang berjumlah 246 siswa SMP Pertiwi Medan, dan objek berjumlah 8 siswa
yang berada pada kelas VII sebanyak 5 siswa, kelas VIII sebanyak 3 siswa
ditentukan dengan teknik simple rendom sampling. Penggunaan instrumen dalam
penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa siklus pertama dengan
pertemuan pertama sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self
management terdapat siswa masih sangat kurang dalam disiplin seperti terlambat
masuk kelas, masih ada siswa yang mengerjakan tugas disekolah, dan masih ada
siswa yang tidak menerjakan tugas sekolah. Setelah dilakukan kegiatan pemberian
layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siklus pertama
pertemuan kedua terlihat kedisiplinan siswa meningkat dengan terbuktinya dari
hasil obsevasi dan wawancara berbeda hasil sebelum dan sesudah sehingga terlihat
peningkatan dalam kedisiplinan siswa.