Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu
(terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan
sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta
untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masa pubertas siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di MTS. ISLAMIYAH MEDAN Tahun Ajaran 2017/2018, yang
berlamat berada di Jln. Suluh No. 71 D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deduktif kualitatif dengan Subjek dan Objek penelitian adalah: siswa kelas VII
untuk dapat meningkatkan pemahaman masa pubertas. Proses pengambilan data
dilakukan selama dua minggu yakni pada bulan Januari 2018, dengan teknik
pengumpulan data, wawancara, observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan: meningkatkan pemahaman masa pubertas melalui layanan bimbingan
kelompok yang dilakukan oleh Penulis berjalan dengan optimal dan meningkat 5575%
dilihat
dari
hasil
laiseg
dan
hal
ini
terbukti
pada
perubahan
sikap
siswa
di
kelas,
yang tadinya suka menyendiri kini sekarang sudah mulai mendekatkan diri
dengan teman sebayanya, yang awalnya suka membantah dan menentang guru
kini mereka sudah bisa lebih sopan dengan guru disekolahnya. Dengan demikian
bimbingan dan konseling sangat berperan.