dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul
pembelajaran yang dikonversi dari buku ajar Pendidikan Agama Islam tingkat
SMP kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research
and Development (R&D). Data penelitian yang diperoleh berasal dari analisis
isi, studi pustaka dan dokumen serta validator yang terdiri dari 3 orang ahli,
yaitu ahli materi, ahli bahasa da ahli desain. Hasil penelitian terkait konversi
buku ajar Pendidikan Agama Islam telah menghasilkan produk berupa modul
pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP yang fokus pada materi semester
ganjil dan terdiri dari 5 bab serta memiliki 4 tahapan hingga mencapai proses
finishing, yaitu: planning, implementation, novelty, and validation. Adapun
hasil validasi dari modul yang dinilai oleh para validator memperoleh
persentase rata-rata 78,57% untuk tahap pertama dan 84,28% untuk tahap
kedua dari ahli materi dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk ahli
bahasa mencapai persentase rata-rata 70,71% untuk tahap pertama dan 77,86%
dengan kategori sangat layak dan dari validasi desain menghasilkan persentase
rata-rata 70,00% untuk tahap pertama dan 81,00% untuk tahap kedua dengan
kategori sangat layak. |
en_US |