Abstract:
Dalam proses belajar, guru harus menggunakan bahan dan media yang tepat,
karena mereka adalah bagian penting dari proses belajar yang dapat
mempermudah pemahaman siswa, salah satu media pembelajaran yang dapat
mempermudah pemahaman siswa ialah media grafis. Penilitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penggunaan media grafis dalam pembelajaran Fiqih
untuk mempermudah pemahaman siswa kelas 9 di MTsN Karo. Jenis penelitian
yang dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berbentuk foto, dokumentasi dan
wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penelitian tentang penggunaan
media grafis dalam pembelajaran Fiqih di MTsN Karo telah menemukan bahwa
itu efektif dalam mempermudah pemahaman belajar siswa Kelas 9. Penggunaan
media grafis oleh guru dan siswa sangat penting karena dapat secara signifikan
meningkatkan proses belajar. Motivasi guru dan siswa dalam menggunakan media
grafis juga penting, karena membantu mereka memahami materi lebih baik dan
terlibat dengan penjelasan guru. Penelitian ini juga menemukan bahwa
penggunaan media grafis meningkatkan minat dan keterlibatan siswa,
menjadikannya faktor yang signifikan dan bermanfaat dalam proses belajar. Studi
ini menyimpulkan bahwa media grafis dapat menjadi alat bermanfaat dalam
mengajar Fiqih.