dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah Efektivitas Pembelajaran Metode Tasmi’
Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Mts Ibadurrahman Stabat. Efektivitas
pembelajaran banyak bergantung kepada kesiapan dan cara belajar yang dilakukan
oleh siswa itu sendiri, baik yang dilakukan secara mandiri maupun kelompok
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dapat di artikan sebagai
penelitian yang menghasilkan data deskriptif yaitu data yang dikumpulkan lebih
mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Peneliti berusaha
untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat
atas fenomena yang diteliti kemudian dianalisa, dengan data-data lainnya untuk
mendapatkan hasil berdasarkan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian Dalam
bagian ini akan dipaparkan data yang didapat dari hasil observasi dan wawancara
peneliti dengan sekolah serta ustad penampu tahfidz/setoran hafalan al-qur’an di
MTS Ibadurrahman Stabat Langkat . Adapun data-data yang ditemukan peneliti
diantaranya: Dengan kondisi siswa yang seluruhnya adalah pelajar, tentunya perlu
perhatian khusus dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’annya. Oleh karena itu
metode Tasmi’ bacaan Al-Qur’an dan pembelajaran dan hafalan adalah salah satu
cara yang tepat untuk menentukan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kualitas
hafalan Al-Qur’an. Seseorang yang menghafal Al-Qur’an harus selalu menghadap
ke guru untuk takrir dan tasmi’ hafalan. Karena, melakukan takrir dan tasmi’ di
hadapan guru/instruktur sangat bermanfaat untuk menguatkan hafalan yang sudah
ada dalam memori otak kita. Disamping itu, bermanfaat juga untuk mengevaluasi
benar/tidaknya baca’an. |
en_US |