dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana proses penerapan
Metode T3+M1 di Yayasan Pendidikan Qur’an Kisaran. Menganalisis apa saja
yang menjadi kendala dan pendukung penerapan Metode T3+M1 dalam
peningkatan kualitas menghafal Qur’ an siswa. Menganalisis perkembangan dan
pencapaian kualitas hafalan Qur’an dengan penerapan Metode T3+M1 pada
siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Fenomenologi
dengan jenis penelitian Deskriptif. Untuk teknik dalam pengumpulan data, penulis
melakukan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun
pemeriksahan keabsahan data dengan dilakukannya Trigulasi Data. Adapun
teknik analisis data penelitian ini adalah Reduksi Data, Penyajian Data lalu
Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode
T3+M1 dilaksanakan dengan baik karna langkah-langkah yang sudah tersusun
secara Sistematik. Selain itu didalam penerapannya terdapat terdapat kendala
dan faktor pendukung yang di temukan. Faktor pendorongnya antara lain
motivasi dari pihak keluarga, guru dan teman. Adapun kendala yang dirasakan
adalah rasa bosan, malas, lelah, tidak bisa mengatur waktu, waktu program
tahfidz yang cukup singkat dan kemampuan bacaan Qur’ an yang kurang baik.
Perkembangan dan pencapaian kualitas hafalan siswa dengan Metode T3+M1
cukup pesat baik dari segi tajwid, tartil, fashahah dan kelancaran hafalan. Hal ini
juga dibuktikan dengan hasil Analisis Data nilai harian siswa yang meningkat
setelah di terapkannya metode T3+M1. |
en_US |