dc.description.abstract |
Problematika merupakan suatu kendala atau permasalahan yang belum
bisa untuk dipecahkan sehingga untuk menuju tujuan menjadi terhambat dan tidak
maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Problematika Penerapan
Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP
Negeri 38 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan
pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengolahan data berupa observasi,
wawancara, dokumentasi, informan yang akan di teliti ialah guru PAI, Kepala
Sekolah, Waka Kurikulum Di SMP Negeri 38 Medan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Problematika guru PAI di SMP Negeri 38 Medan.
kurangnya guru dalam memahami kurikulum merdeka sehingga menyebabkan
penerapan kurikulum merdeka menjadi kurang maksimal dan berdampak pada
proses pembelajaran, sedangkan permasalahan guru dalam membuat modul ajar
serta mengalisis capaian pembelajaran disebabkan dalam menyusun capaian
pembelajaran harus benar – benar teliti karena di buat per fase. Dalam penyusunan
perencanaan pembelajaran guru belum sepenuhnya paham karena perencanaannya
sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Solusi yang
di lakukan untuk mengatasi permasalahan permasalahan seputar kurikulum
merdeka maka guru harus ikut serta dalam Sosialisai, workshop dan forum
MGMP yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi. |
en_US |