Abstract:
Profesionalisme guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada
intinya berperan untuk menggali potensi yang ada pada guru, sekolah, dan peserta
didik untuk berinovasi dalam meningkatkan kualitas secara mandiri. Namun, hal
ini bukan tugas yang mudah bagi guru, untuk dapat menghasilkan siswa yang
berkualitas kompetensi pengelolaan guru lebih difokuskan pada kompetensi
profesionalisme guru dalam mendidik peserta didik. Profesionalitas seorang
pendidik menjamin kebehasilan atas kebijakan baru yang diberlakukan. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam
penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama
islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan
fenomologi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik analisis data melalui proses:
pengumpulan data, reduksi data, selanjutnya disajikan yang dilanjutkan dengan
penarikan simpulan data sesuai dengan permasalahan yang telah diteliti. Hasil
penelitian yang didapatkan : 1. Konsep pola pembelajaran PAI dalam kurikulum
merdeka belajar melalui refleksi pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas
yang didapatkan melalui pekan bahtera dan ekstrakurikuler. 2. Profesionalisme
guru dalam penerapan kurikulum belajara mata pelajaran PAI tentunya memenuhi
standarisasi kriteria guru yang profesional yang didukung dengan pengalaman
mengajar dan sertifikasi keguruan. 3. Upaya yang dilakukan sekolah dan guru
sebagai fasilitator kurikulum merdeka belajar tentunya menciptakan karakter pada
peserta didik yang didukung dengan fasilitas yang berkaitan denga konsep
pembelajaran merdeka belajar