Abstract:
Proses pembelajaran akan lebih efektif dengan adanya media
pembelajaran. Begitupula dengan pembelajaran tahsinul Qur’an yang
membutuhkan media pembelajaran seperti iqra’ klasikal, maka peran iqra’ klasikal
sebagai media pembelajaran sangat penting agar proses pembelajaran tahsinul
Qur’an bisa menjadi lebih efektif dan efesien. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat
untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan metode talaqqi pada pembelajaran
tahsinul Qur’an berbantu media iqra’ klasikal dan mengetahui apakah iqra’
klasikal dapat membantu kinerja pembelajaran tahsinul Qur’an. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory, teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi,
studi pustaka dari sumber-sumber yang mendukung peneliti dalam melaksanakan
penelitian dan test yang digunakan untuk melihat hasil perbandingan antara iqra’
biasa dengan iqra’ klasikal, serta menggunakan analisis data. Hasil dari penelitian
ini adalah penggunaan metode talaqqi memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan
perencanaan atau persiapan guna mengetahui kemampuan murid agar pada saat
proses pembelajaran berlangsung guru sudah menentukan cara seperti apa dalam
mengajar, tahapan pelaksanaan dimana guru telah menggunakan cara yang tepat
dalam mengajar, dan tahapan evaluasi guna mengetahui sudah sejauh mana
perkembangan murid, dan sebagai media pembelajaran tahsinul Qur’an bahwa
iqra’ klasikal lebih efektif karena dapat meminimalisir waktu, dan efesien karena
memiliki test submatif sebagai ujian pada tiap pembelajaran yang bertujuan untuk
mengetahui apakah murid sudah paham dengan ilmu yang telah dipelajari.