Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bertambahnya toko roti di daerah
Batang Serangan yang menyebabkan omset pada Difa Bakery ini menjadi
naik turun setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Pada Toko
Difa Bakery Dan Cake Shop Batang Serangan. Metode penelitian ini
merupakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian
regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
karyawan yang berada di pusat Toko Difa Bakery Dan Cake Shop Batang
Serangan. Pada penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas
(variabel yang variasinya mempengaruhi variabel lain) dan variabel terikat
(variabel penelitian yang diukur untuk memengaruhi besarnya efek atau
pengaruh variabel lainnya). Penelitian ini dilakukan di Pusat toko Difa
Bakery dan Cake Shop yang berlamat di Batang Serangan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel Strategi Pemasaran (X) secara statistik
menunjukkan hasil signifikan lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 < 0,05) dan
thitung > ttabel (4,913 > 2,178) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap
Variabel Y. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu terdapat
pengaruh yang signifikan secara parsial antara strategi pemasaran terhadap
perkembangan UMKM Difa Bakery dan Cake Shop Batang Serangan.
Besarnya angka adjusted r square adalah 0,661. Dan pada uji R2 Dapat
disimpulkan bahwa strategi pemasaran (X) mempengaruhi perkembangan
UMKM (Y) pada Difa Bakery dan Cake ShopBatang Serangan sebesar
0,661, sedangkan sisanya sebesar 0,339 dipengaruhi oleh variabel-variabel
lain.