DSpace Repository

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TILAWAH QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS SWASTA CENDEKIA

Show simple item record

dc.date.accessioned 2023-11-21T04:06:17Z
dc.date.available 2023-11-21T04:06:17Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22327
dc.description.abstract enelitian ini bertujuan untuk meninjau proses dan pelaksanaan Tilawah Al Qur’an evaluasi dengan model CIPP. Melalui program Tilawah Al- Qur’an siswa dapat bertambah wawasan mengenai pengetahuan cara membaca, melafalkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid, dan ghorib sehingga tidak terjadi perubahan makna.Penelitian ini permasalahan terfokus pada kajian Evaluasi Sistem CIPP terhadap Program Tilawah Al- Qur’an di MTs Swasta Cendikia. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui: 1) pelaksanaan kegiatan program tilawah al- Qur’an di MTs Swasta Cendekia . 2)mengevaluasi program tilawah al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di MTS Swasta Cendekia. Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: Guru Tahfiz dalam menerapkan tilawah Al-qur’an di MTs Swasta Cendekia. Teknik pengumpul data yang diperlukan ialah observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.” Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan program tilawah al Qur’an di MTS Swasta Cendikia dilaksanakan dengan mengunakan dua metode, yaitu metode Iqra’ dan Al-Baghdadi 2)Evaluasi program tilawah al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di MTs Swasta Cendikia yaitu dengan menggunakan Evaluasi Context (konteks) yaitu guru modul berisikan materi-materi, ulangan dan tugas. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan evaluasi konteks ini dilakukan untuk melihat bagaimana pemahaman siswa dan sebagai bahan refleksibagi guru. Pada Evaluasi Input (masukan) guru mengadakan evaluasi masukan kepada siswa, dengan demikian guru menilai efektif atau tidakkah program tersebut. Ketiga, Evaluasi Process (proses) pelaksanaan strategi dan penggunaan sarana / modal bahan dalam kegiatan nyata lapangan. Selanjutnya, Evaluasi Product, fokus pada pengukuran keberhasilan. en_US
dc.subject Evaluasi, Program Baca Tulis Al-Qur’an dan Model CIPP en_US
dc.title EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TILAWAH QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI MTS SWASTA CENDEKIA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account