dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
Yanbu’a pada Program Tahsin Tilawah Al-Qur’an dengan menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan utama dilakukan penelitian ini ialah untuk
mengetahui apakah manfaat yang di dapatkan dalam menggunakan metode
Yanbu’a dalam membaca Al Quran, serta bagaimana cara Implementasi metode
Yanbu’a di lokasi penelitian yang penulis laksanakan.
Point utama yang dijadikan dalam penelitian ini adalah tentang
bagaimana kualitas bacaan serta tingkat kefasihan yang dikuasai oleh siswa
dalam membaca Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat muslim. Maka
berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan ternyata metode Yanbu’a
memiliki pengaruh yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas bacaan serta
kefasihan membaca Al-Qur’an siswa. Karena dalam pelaksanaannya metode
Yanbu’a mengajarkan tiga hal dalam sekali tahap pembelajaran yakni
menekankan pada pembenaran makharijul huruf, mampu menghafalkan ayat
yang dikaji dan mampu menuliskannya, maka dengan rangkaian proses ini siswa
di tempah dengan sangat konsisten dalam meningkatkan kefasihan membaca Al
Quran secar baik dan benar. |
en_US |