dc.description.abstract |
Kegiatan merespon merupkan bagian dari proses kegiatan belajar yang termasuk
dalam aktivitas belajar siswa dikelas. Banyaknya siswa yang hanya diam dan
tidak aktif saat proses pembelajaran dikelas. Berkenaan dengan masalah
rendahnya kemempuan merespon siswa dalam belajar memiliki dampak negatif
terhadap kurangnya pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran serta
berdampak pada hasil belajar siswa yang cinderung rendah. Bimbingan kelompok
dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan keuntuk meningkatkan
segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informsi
baru yang akan dibahas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan respon siswa dalam
belajar siswa kelas VIII SMP negeri 2 medang deras tahun ajaran 2022/2023.
Objek didalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP negeri 2 medang deras
yang berjumlah 7 orang yang memiliki kecenderungan tidak aktif dan tidak mau
merespon dalam pembelajaran. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam 2 siklus
layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu
perencanaan, tindaka, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan
informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik
analisis data yang dignakan ialah pengumpilan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan.
Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok pada siklus 1 siswa
dikelas VIII SMP Negeri 2 medang deras berjalan dengan baik, terdapat beberapa
siswa sudah menunjukkan adanya perubahan merespon saat kegiatan belajar,
namun belum mencapai kategori yang baik, pada siklus 2 menunjukkan perubahan
sikap yang lebih baik lagi dalam merespon saat kegiatan belajar kepada guru dan
temannya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada
siklus 1 dan siklus 2 peneliti menyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok
dapat meningkatkan respon siswa dalam belajar. |
en_US |