Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis
Powtoon yang difokuskan di tingkat SMP terutama kelas VIII. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran
berbasis Powtoon di tingkat SMP kelas VIII, selain itu untuk mengetahui suatu
kelayakan media pembelajaran bebasis Powtoon pada pelajaran matematika, serta
untuk mengetahui respon peserta didik a terhadap ketertarikan pengembangan
media pembelajaran berbasis Powtoon di tingkat SMP kelas VIII. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Implementation peneliti membatasi
uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 10 peserta didik. Hasil dalam penelitian
ini memperoleh nilai sebesar 89.2% ahli materi menyatakan valid, 93.8% ahli
media menyatakan sangat valid, 80,9% respon peserta didik menyatakan tertarik
yang artinya pengembangan media Powtoon ini layak menjadi bahan atau media
pembelajaran.