dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul “Implementasi Variasi Metode Pada Pembelajaran
Al-Qur`an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan”. Penelitian ini bertujuan guna
mengetahui; (1) Metode pembelajaran apa sajakah yang digunakan oleh guru pada
mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan. (2) pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru dengan berbagai
metode mengajar di SMP Muhammadiyah 1 Medan. (3) kendala yang dihadapi oleh
guru dalam menggunakan berbagai macam metode pembelajaran Al-Qur'an Hadist
di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan fild research atau
penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif deskriptif berupa wawancara dengan beberapa
narasumber. Dari hasil penelitian berupa wawancara terhadap guru pada
pembelajaran Al-Qur`an Hadist dapat peneliti katakan bahwa metode pembelajaran
yang digunakan oleh guru di SMP Muhammadiyah 1 Medan bervariasi, metode
yang digunakan lebih dari satu seperti, metode ceramah, metode diskusi, metode
tanya jawab, metode penugasan, metode hafalan dan metode puzzle. Metode ini
juga harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan oleh guru, jadi
metode yang digunakan guru bervariasi dan disesuaikan dengan materi yang ada
pada pembelajaran Al-Qur`an Hadist. Adapun pelaksanaan pembelajaran PAI yang
dilakukan oleh guru juga menggunakan metode yang bervariasi sama halnya
dengan pembelajaran Al-Qur`an Hadist metode yang digunakan juga harus
disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Dan kendala yang dihadapi oleh
guru pada pembelajaran Al-Quran Hadist ialah kurangnya konsentrasi siswa/i, ada
juga beberapa kelas yang masih sulit diberitahu seperti berbicara ketika guru sedang
menjelaskan. Meskipun demikian penerapan variasi metode pada pembelajaran Al Qur`an Hadist di SMP Muhammadiyah 1 Medan sudah berjalan dengan baik dan
efektif sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran dan dapat meningkatkan
minat belajar siswa/i. |
en_US |