DSpace Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PENGGUNAAN GADGET SISWA KELAS X TKJ 1 SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author TRIA, IFNA
dc.date.accessioned 2023-11-17T03:10:52Z
dc.date.available 2023-11-17T03:10:52Z
dc.date.issued 2023-09-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22104
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kontrol diri penggunaan gadget pada siswa SMK YPK Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kontrol diri penggunaan gadget pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui kontrol diri penggunaan gadget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kontrol diri penggunaan gadget yang rendah sehingga ketidakmampuan siswa dalam mengendalikan diri dalam penggunaan gadget terutama dilingkungan sekolah dan pada saat belajar.. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan media pembelajaran tebak kata. (2) terdapat perbedaan yang signifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan kontrol diri penggunaan gadget siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment). en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Media Pembelajaran Tebak Kata en_US
dc.subject Kontrol Diri Penggunaan Gadget en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI PENGGUNAAN GADGET SISWA KELAS X TKJ 1 SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account