Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis
Discovery Learning materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
dikelas VIII MTsN 1 Langkat yang beralamat di Jl. Pembangunan No.3 Desa
Pekubuan. Kecamatan Tanjung Pura. Kabupaten Langkat. Sumatera Utara,
mengetahui kevalidan bahan ajar serta keefektifan yang diketahui dari hasil Uji
coba lapangan kepada peserta didik melalui LKPD. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Research and Delopment (R&D). Penelitian ini menggunakan
model pengembangan 4D Thiagarajan dan peneliti mengembangkan LKPD
berbasis model discovery learning. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini
adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan menggunakan model
pengembangan 4D Thiagarajan. Tingkat kevalidan LKPD berbasis Discovery
Learning antara lain: a) Validator dari dua ahli materi memperoleh presentasi 87%
dengan kategori “valid tanpa revisi”, b) Validator ahli media memperoleh
presentasi 93% dengan kategori “valid tanpa revisi”,
Penilaian keefektifan LKPD berbasis Discovery Learning melalui Uji Efektifitas
kepada peserta didik memperoleh hasil perhitungan Uji N-Gain Score,
menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah sebesar 0.67 termasuk
dalam katagori ‘sedang’. Dengan nilai N-Gain score minimal 0.39 dan nilai N-Gain
maksimal 1.00. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
LKPD berbasis Discovey Learning efektif dan dapat digunakan dalam
pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).