Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis 
Discovery Learning materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) 
dikelas VIII MTsN 1 Langkat yang beralamat di Jl. Pembangunan No.3 Desa 
Pekubuan. Kecamatan Tanjung Pura. Kabupaten Langkat. Sumatera Utara, 
mengetahui kevalidan bahan ajar serta keefektifan yang diketahui dari hasil Uji 
coba lapangan kepada peserta didik melalui LKPD. Jenis penelitian yang digunakan 
adalah penelitian Research and Delopment (R&D). Penelitian ini menggunakan 
model pengembangan 4D Thiagarajan dan peneliti mengembangkan LKPD 
berbasis model discovery learning. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini 
adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian ini 
menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan menggunakan model
pengembangan 4D Thiagarajan. Tingkat kevalidan LKPD berbasis Discovery 
Learning antara lain: a) Validator dari dua ahli materi memperoleh presentasi 87%
dengan kategori “valid tanpa revisi”, b) Validator ahli media memperoleh
presentasi 93% dengan kategori “valid tanpa revisi”,
Penilaian keefektifan LKPD berbasis Discovery Learning melalui Uji Efektifitas 
kepada peserta didik memperoleh hasil perhitungan Uji N-Gain Score, 
menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah sebesar 0.67 termasuk 
dalam katagori ‘sedang’. Dengan nilai N-Gain score minimal 0.39 dan nilai N-Gain 
maksimal 1.00. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan 
LKPD berbasis Discovey Learning efektif dan dapat digunakan dalam 
pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).