Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan lembar kerja peserta
didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika yang berfokus pada
materi bangun ruang sisi datar di Tingkat SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui bagaimana pegembangan lembar kerja peserta didik
berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang
sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
di tingkat SMP kelas VIII. Selain itu untuk mengetahui suatu kelayakan dan
kemenarikan pada lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet
pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, serta untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap ketertarikan pengembangan lembar kerja peserta didik
berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang
sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
di tingkat SMP kelas VIII. Adapun model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari Research and
information collecting (penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencanaan),
Develop preliminary form of product (pengembangan produk), Preliminary field
testing (uji coba terbatas), Main product revision (revisi produk). Pada tahap
Preliminary field testing (uji coba terbatas) peneliti membatasi uji coba dalam skala
kecil dengan jumlah 10 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Hasil dari
penelitian ini memperoleh nilai sebesar 96,36% ahli materi menyatakan sangat
valid, 95,45% ahli media menyatakan sangat valid, antara 90%-98% dengan kriteria
sangat valid dan valid peserta didik menyatakan tertarik yang berarti
pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet
pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa layak dijadikan bahan ajar atau
media pembelajaran.