Abstract:
Tujuan yang ngin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan penalaran dan daya pikir siswa dalam materi fungsi melalui model
pembelajaran Student Teams Achievement Division. Metode penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif . waktu penelitian dilaksanakan pada bulan april 2023. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X MIA I MAS PAB 2 HELVETIA
yang berjumlah 35 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan tes
umtuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dengan model pembelajran
Student Teams Achievement Division. Observasi bedasarkan kisi – kisi atau
pedoman yang telah di buat. Dari hasil penelitian di dapatkan pada tes 1 nilai paling
rendah adalah 20 dan nilai tertinggi adalah 80, nilai total adalah 1660 , nilai rata –
rata adalah 47,42 dan persentasenya adalah 47% dengan kategori rendah. Pada
pertemuan kedua nilai paling rendanh adalah 70 dan niai tertinggi adalah 100,
dengan nilai total 3010, nilai rata rata sebesar 86, dan persentasenya adalah 86%
dengan kategori sangat tinggi. Nilai total obsservasi sebelum menggunakan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division adalah 631 dengan rata rata
18,02 , dengan persentase 180% dikategorikan rendah. Sedangkan nilai total setelah
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebesar
1168 dengan rata – rata 33,37 dan persentase 333%, dikategorikan sangat tinggi.
Berdasarkan rincian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan
kemampuan belajar matematika siswa pada pokok bahasan fungsi komposisi di
kelas X MAS PAB 2 HELVETIA.