Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah media pembelajaran
berbasis Information and Communicatin Technologi (ICT) dapat berpengaruh
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs
Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs
Persiapan Negeri 4 Medan sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas VIII-2 dan siswa kelas VIII-3 yang masing-masing berjumlah 36 orang.
Berdasarkan hasil penelitian pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh
kesimpulan bahwa kelas eksperimen sebagai kelas yang menggunakan media
pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) memperoleh
dampak positif dari penggunaan media tersebut karena memiliki nilai rata – rata
diatas kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran Information and
Communication Technology (ICT). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis
independent sample t-test diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai signifikansi < 0,05, dengan demikian terdapat
pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis Information and
Communication Technology (ICT) terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran FIQIH di MTs Persiapan Negeri 4 Medan.