Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode wahdah
dalam hafalan al-Qur’an pada siswa di SMP IT Darul Fikri, untuk
mendeskripsikan evaluasi dari pelaksanaan metode wahdah dalam hafalan alQur’an pada siswa di SMP IT Darul Fikri dan untuk mendeskripsikan hambatan
pelaksanaan metode wahdah dalam hafalan al-Qur’an pada siswa di SMP IT
Darul Fikri.Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif.
Proses dan makna atau perspektif subjek pada penelitian kualitatif lebih
ditonjolkan, dibandingkan pada penelitian kuantitatif. Dalam penelitian kualitatif,
landasan teori dimanfaatkan oleh peneliti sebagai pemandu, agar proses penelitian
lebih fokus dan sesuai dengan fakta yang ditemui di lapangan. Adapun jenis
penelitian adalah deskriptif. Metode penelitian kualitatif merupakan penelitian
yang bersifat deskriptif serta cenderung menggunakan analisis.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perencanaan program tahfizh Al-Qur’an telah terlaksana
dengan cukup baik, hasil perencanaan program tahfizh Al-Qur’an dengan metode
wahdah di SMP IT Darul Fikri diantaranya menetapkan sasaran, menetapkan
tujuan, menentukan strategi tahfizhul Qur’an, merumuskan dan menentukan
metode tahfizhul Qur’an serta mengadakan evaluasi perencanaan. Meskipun
demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan
program tahfizh yaitu lebih dipertimbangkan lagi dalam menetapkan ukuran
kelompok halaqah bagi siswa Darul Fikri karena kelompok halaqah yang efektif
itu terdiri dari 5 sampai 7 orang, serta dalam menetapkan metode tahfizhul Qur’an
perlu dipertimbangkan secara matang karena metode yang digunakan memiliki
peranan penting dalam keberhasilan siswa menghafal Al-Qur’an sesuai dengan
target yang ditentukan.