DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tritech Informatika Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhansyah, Rizky
dc.date.accessioned 2023-11-09T05:16:42Z
dc.date.available 2023-11-09T05:16:42Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21707
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar. Dengan metode ini siswa akan berperan aktif dalam menggali informasi yang berhubungan dengan pengalaman mereka, belajar untuk hidup bersama, bertanggung jawab, sehingga ilmu yang didapatkan siswa baik itu dari dirinya sendiri maupun dari orang lain tertanam dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada guru bidang studi matematika kelas X Multimedia SMK Tritech Informatika Medan, menyatakan bahwa “hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah terutama pada saat ulangan diberikan ”. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung, artinya siswa hanya mencatat dan mendengar. Siswa diberikan tes untuk mendapatkan hasil belajar matematika kemudian peneliti mendeskripsikan hasil tersebut dalam analisis data. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksankan di SMK Tritech Informatika pada kelas X Multimedia Executive sebanyak 22 siswa. Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh nilai t hitung sebesar . Dimana nilai t tabel dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1.717. Artinya nilai t hitung > nilai t tabel atau > 1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Tritech Informatika Medan en_US
dc.subject hasil belajar, model pembelajaran Collaborative Learning en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Tritech Informatika Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account