Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi layanan bimbingan
kelompok terhadap peningkatkan efikasi diri pada siswa kelas XI MAN 1 Medan
Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 384
siswa kelas X kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random
sampling sehingga sampel sebanyak 8 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas instrumen
menghasilkan sebanyak 29 item yang valid dan reliabilitasnya 0,905. Data
penelitian dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari
tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji
hipotesis dengan uji Product Moment Correlation diperoleh luaran sebesar r =
0,989 dengan nilai Asymp.Sig. = 0,000 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha
diterima. Disini terdapat koefisien korelasi positif yang artinya 10 siswa mengalami
kenaikan skor efikasi diri siswa dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Selisih
peningkatan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 30,00,
koefisien korelasi 0,989 dengan tingkat keberpengaruhan sebesar 98,9 % dan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dapat memberikan pengaruh
terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas XI MAN 1 Medan Tahun Ajaran
2022/2023