dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembalajaran digital book
menggunakan flip PDF corporate pada materi bangun datar kelas VII SMP yang
valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model
ADDIE dan metode R&D dengan tahapan-tahapan pengembangan yaitu:
(Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Subjeknya adalah
siswa kelas VII-5 dengan jumlah 30 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti
adalah bangun datar, Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket
respons peserta didik. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau
dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan
skor validasi oleh dua orang validator, yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli
media, aspek kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah penggunaan
media pembelajaran berbasis ralistik. Hasil penelitian dari validasi ahli media dan
ahli materi sangat baik maka dapat disimpulkan bahwa menurut kedua validator
bahan ajar layak digunakan. Hasil penelitian ketuntasan belajar individu siswa
diperoleh dari hasil tes yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari pretest
untuk ketuntasan individu, terdapat 9 dari 30 orang siswa yang tuntas sedangkan
pada hasil post test mengalami peningkatan dari hasil yang sebelumnya. Untuk
ketuntasan individu, terdapat 26 yang tuntas dari 30 siswa. Sedangkan hasil dari
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika 17 orang siswa dari 30 orang
siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, sedangkan 13
orangnya lagi memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang. Hasil penelitian
yang diperoleh dari angket respon siswa 86% dengan kategori sangat menarik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-book matematika bangun datar dapat
mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan dapat
digunakan sebagai sumber belajar siswa. |
en_US |