Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Experiential
Learning efektif terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 01 Medan tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan model Experiential Learning terhadap
pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun
pelajaran 2019/2020 ditinjau dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Jenis
penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan
pra-eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan yang terdiri
dari 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh
yaitu kelas VII A berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian ini adalah soal tes bentuk uraian dan lembar observasi aktivitas belajar
siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh rata-rata pretest kelas VII A sebesar
44,6591 dan rata-rata posttest sebesar 83,1818. Berdasarkan hasil observasi,
diperoleh persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 56% dan
pada pertemuan kedua sebesar 77%, sehingga rata-rata persentase aktivitas belajar
siswa sebesar 66,5% yang termasuk dalam kategori aktif. Dari hasil uji gain,
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,7318 yang termasuk dalam
kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
Experiential Learning terhadap pembelajaran matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 01 Medan tahun pelajaran 2019/2020 efektif ditinjau dari hasil
belajar dan aktivitas belajar siswa.