dc.description.abstract |
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan kematangan karir siswa di SMK
Tamansiswa Medan, yang sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut dan
laporan di SMK Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan bimbingan kelompok
untuk meningkatkan kematangan karir yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut serta laporan di SMK Negeri 1
Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun yang
menjadi objek dalam penelitian adalah siswa sebanyak 10 orang. Berdasarkan
hasil penelitian terungkap bahwa: Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan kematangan karir siswa di SMK Tamansiswa Medan telah
dilakukan dengan baik dan terstruktur sesuai dengan aspek-aspek yang ada yaitu:
Identifikasi kebutuhan informasi bagi siswa, menetapkan materi, menetapkan
subjek sasaran layanan, menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan serta
menyiapkan kelengkapan administrasi, sedangkan penerapan layanan bimbingan
kelompok yang diberikan dapat berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan
aspek-aspek kematangan karir yaitu: perencanan karir, eksplorasi karir,
pengambilan keputusan karir, informasi dunia kerja dan pengetahuan tentang
kelompok kerja yang disukai. Temuan berikutnya pada tahap evaluasi
dilaksanakan secara lisan saja, pada tahap evaluasi ini dilaksanakan dengan baik
sesuai degan aspek-aspek evaluasi yaitu: menetapkan materi evaluasi, menetapkan
prosedur evaluasi, menyusun instrument evaluasi, mengaplikasikan instrumen
evaluasi dan mengolah hasil aplikasi instrumentasi. Pada tahap analisis hasil
evaluasi dilakukan secara langsung saja yang sesuai dengan aspek-aspek analisis
hasil evaluasi yaitu: menetapkan norma/standar evaluasi, melakukan analisis dan
menafsirkan hasil analisis. Pada tahap tindak lanjut dilakukan jika siswa tersebut
belum mengerti dengan materi yang diberikan dan tindak lanjut ini akan
dilanjutkan oleh guru BK sesuai dengan aspek-aspek yang ada pada tahap tindak
lanjut. Jadi penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan
kematangan karir di SMK Tamansiswa telah dilaksanakan dengan baik dan
terstruktur sesuai dengan tahap-tahap yang telah ditetapkan |
en_US |