Abstract:
Pendidikan karakter merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan di
Indonesia. Perhatian pemerintah terhadap pendidikan karakter bukanlah suatu hal
yang baru, melainkan menempatkan pendidikan pada proporsi yang sesungguhnya,
sebab kedepannya bangsa indonesia akan dipegang oleh generasi yang kini masih
berada di jenjang pendidikan. Pendidikan karakter menjadi penting untuk dihadirkan
dalam setiap aktivitas pendidikan agar dapat mengeluarkan individu-individu yang
memiliki karakter yang baik. Akibat kurang nya pendidikan karakter berdampak
kepada generasi penerus bangsa yang menghadapi tantangan cukup berat, khususnya
bagi pendidikan karakter bangsa indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mendapatkan informasi mengenai Implementasi Program Pembinaan Karakter di
SMP Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif yaitu penelitian dilakukan berdasarkan survei sesuai kondisi yang terjadi
dilapangan. Alat pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
nilai-nilai pendidikan agama islam melalui program pembinaan karakter dengan
menerapkan shalat berjama’ah, apel pagi, malam ibadah, tahsin tilawah, Ikatan
Pelajar Muhammadiyah (IPM), upacara bendera, tadabbur alam, fardhu kifayah, dan
infaq jum’at sangat baik dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan pembinaan
karakter yang dilakukan secara berulang-ulang.