DSpace Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI BILANGAN BULAT BERBANTUAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA

Show simple item record

dc.contributor.author Della, Puspita
dc.date.accessioned 2023-10-09T06:45:23Z
dc.date.available 2023-10-09T06:45:23Z
dc.date.issued 2023-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21500
dc.description.abstract Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan Bahasa yang mudah dipahami sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dengan bantuan atau bimbingan minimal dari pendidik. Agar siswa tidak bosan mempelajari modul konvensional berupa buku, maka perlu dilakukan perubahan dengan menggunakan media elektronik yang sering disebut modul elektronik (E-Modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-modul berbantuan QR Code meningkatkan literasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi bilangan bulat serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa.. Quick Response Code (QR Code) merupakan sebuah gambar yang berisi data atau informasi berupa teks yang dikodekan dalam dua dimensi (horizontal dan vertical) sehingga dapat dibaca oleh mesin lebih cepat dibandingkan dengan cara manual serta mampu menyimpan banyak informasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4- P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Budi Agung Medan kelas VII dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket respon siswa. E-Modul matematika berbantuan QR Code pada materi bilangan bulat untuk meningkatkan literasi matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk siswa MTs kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli materi diperoleh nilai 88,6% dengan kategori sangat layak, dari ahli media diperoleh nilai 80,6% dengan kategori sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 93,6% dengan kategori sangat menarik. en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject E-Modul Matematika en_US
dc.subject Bilangan Bulat en_US
dc.subject QR Code en_US
dc.title PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI BILANGAN BULAT BERBANTUAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account