Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap pemahaman matakuliah pelaporan dan laporan keuangan dengan internal locus of control sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Politeknik Unggul LP3M Medan. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan metode angket, yaitu mengirimkan daftar pertanyaan kepada seluruh mahasiswa semester III dan data sekunder sebagai data pendukung. Metode pengujian data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi dosen berpengaruh terhadap pemahaman matakuliah pelaporan dan laporan keuangan, (2) fasilitas belajar berpengaruh terhadap pemahaman matakuliah pelaporan dan laporan keuangan. (3) kompetensi dosen dan fasilitas belajar berpengaruh secara bersama sama terhadap pemahaman matakuliah pelaporan dan laporan keuangan. (4) internal locus of control memoderasi kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap pemahaman matakuliah pelaporan dan laporan keuangan. Adapun saran dari peneliti adalah bagi peneliti selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa dan memperluas populasi penelitian.