dc.description.abstract |
Penggunaan Model pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran
Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Talking Stick terhadap keaktifan siswa kelas XI Akl- 3 SMK
Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar jurnal khusus perusahaan dagang
siswa kelas XI Akl - 3 SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi dan sampel seluruh siswa kelas
XI- Akl 3 SMK Negeri 6 Medan dengan Teknik pengambilan sampel adalah total
sampling dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes hasil belajar dalam bentuk
essay test dengan 15 soal. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis untuk
hasil belajar diperoleh thitung sebesar -11.566 dengan signifikan 0,000. Dengan
demikian bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025, maka dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi
siswa SMK Negeri 6 Medan T.a 2022/2023. Sedangkan untuk hasil penelitian
pengujian hipotesis untuk keaktifan siswa diperoleh thitung sebesar -3.686 dengan
signifikan 0,001. Dengan demikian bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001< 0,025,
maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking Stick untuk
meningkatkan keaktifan belajar akuntansi siswa SMK Negeri 6 Medan T.a
2022/2023. |
en_US |